Digitalisasi UKM
Usaha Kecil dan Menengah atau UKM memiliki peran yang sangat besar dalam roda perekonomian di Indonesia, baik dalam menunjang pertumbuhan ekonomi, neraca perdagangan maupun dalam penciptaan lapangan kerja
Saat ini Perekonomian Indonesia sedang berada pada masa-masa yang sulit, dimana pandemi Covid19 ini telah memukul beberapa sektor perekonomian baik itu Industri manufaktur, pariwisata, jasa dan lain sebagainya.
Tidak terkecuali pula UKM, yang mana saat ini banyak yang sudah dalam posisi kritis bahkan sebagian sudah gulung tikar, yakni mereka yang masih menjalankan bisnisnya dengan konvensional.
Namun yang menarik, ternyata dalam kondisi suramnya ekonomi ditengah pandemi ini justru ada sekitar 20% UKM yang tidak terpengaruh oleh Covid19 ini bahkan penjualan mereka cenderung naik, siapakah mereka?
Mereka adalah para usahawan UKM yang telah melakukan digitalisasi dalam mode atau sistem bisnisnya terlepas dari apa yang mereka produksi atau jual
Siapakah yang sudah melakukan digitalisasi UKM?
1. Mereka yang sudah memiliki Digital Management Stock
2. Sudah terintegrasi dalam pengiriman, baik dalam logistik, distribusi
3. Sistem komunikasinya sudah terintegrasi, Sehingga tercipta kemudahan berkomunikasi baik itu produsen, distributor, reseller maupun layanan logistik/delivery
4. Sistem produksi dan penjualanya sudah terintegrasi
5 Sudah terintegrasi dengan Payment Gateway, Kartu Kredit, e-Wallet dan lain sebagainya sehingga pembayaranya sudah bisa melalui jalur digital baik perbankan maupun lembaga non bank seperti Ovo, Gopay, Dana dan lain sebagainya
6. Memiliki jaringan reseller, baik itu reseller langsung ataupun Dropship
Saat ini Perekonomian Indonesia sedang berada pada masa-masa yang sulit, dimana pandemi Covid19 ini telah memukul beberapa sektor perekonomian baik itu Industri manufaktur, pariwisata, jasa dan lain sebagainya.
Tidak terkecuali pula UKM, yang mana saat ini banyak yang sudah dalam posisi kritis bahkan sebagian sudah gulung tikar, yakni mereka yang masih menjalankan bisnisnya dengan konvensional.
Namun yang menarik, ternyata dalam kondisi suramnya ekonomi ditengah pandemi ini justru ada sekitar 20% UKM yang tidak terpengaruh oleh Covid19 ini bahkan penjualan mereka cenderung naik, siapakah mereka?
Mereka adalah para usahawan UKM yang telah melakukan digitalisasi dalam mode atau sistem bisnisnya terlepas dari apa yang mereka produksi atau jual
Siapakah yang sudah melakukan digitalisasi UKM?
1. Mereka yang sudah memiliki Digital Management Stock
2. Sudah terintegrasi dalam pengiriman, baik dalam logistik, distribusi
3. Sistem komunikasinya sudah terintegrasi, Sehingga tercipta kemudahan berkomunikasi baik itu produsen, distributor, reseller maupun layanan logistik/delivery
4. Sistem produksi dan penjualanya sudah terintegrasi
5 Sudah terintegrasi dengan Payment Gateway, Kartu Kredit, e-Wallet dan lain sebagainya sehingga pembayaranya sudah bisa melalui jalur digital baik perbankan maupun lembaga non bank seperti Ovo, Gopay, Dana dan lain sebagainya
6. Memiliki jaringan reseller, baik itu reseller langsung ataupun Dropship
Leave a Comment